DAN KINI PUSKESMAS DUKUH PUN SIAP HADAPI BENCANA

Untuk mengantisipasi dampak bencana di Kota Pekalongan khususnya bagi Petugas kesehatan di Puskesmas Dukuh, BPBD Kota Pekalongan memberikan materi terkait penanggulangan bencana dalam kegiatan sosialisasi kebencanan dan kejadian luar biasa yang diadakan di Puskesmas Dukuh Kota Pekalongan.

Dalam paparannya, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Arif Mahanani menyampaikan materi mengenai penanganan bencana alam gempa bumi dan kebakaran. Pelatihan yang dimulai Sabtu (27/07) itu bertujuan agar mereka siap menangani korban massal akibat bencana alam. Para petugas kesehatan itu akan mengambil peran penting saat kejadian atau pasca bencana alam. "Oleh karena, mereka mutlak mendapatkan pelatihan khusus mengenai tugas dan kewajiban dalam kejadian bencana alam”.Kata Arif.

Ia menghimbau, agar staf puskesmas bersama masyarakat dan dunia usaha diminta terus bersinergi, sehingga bila terjadi insiden kebencanaan apa saja, tim gerak cepat puskesmas segera bergerak dan bermitra dengan BPBD dan anggota kelompok siaga bencana yang ada dikota Pekalongan”.Ungkap Arif Mahanani kepada Para Petugas Kesehatan di Puskesmas usai mengelar simulasi gempa. (AP)