DIES NATALIS Ke 38, UNIVERSITAS PEKALONGAN GANDENG BPBD KOTA PEKALONGAN BERSIH BERSIH KALI LOJI

Pekalongan Kota (05/09) - Untuk mengantisipasi dampak bencana di Kota Pekalongan Sejumlah Mahasiswa dan Dosen Unikal Bekerjasama dengan BPBD Kota Pekalongan, DLH, Serta Dinas PU Membersihkan Sungai Loji.

Keseruan aksi bersih-bersih Sungai Loji berlangsung mulai sejak pukul 07.30 hingga 11.00 WIB,  ini dimulai dengan Apel. Dilanjutkan dengan bersih sepanjang sungai loji, berbagai macam sampah seperti plastik, pampers, kasur dll. Meski matahari terasa cukup menyengat saat itu, para peserta yang didominasi oleh mahasiswa Unikal dan Para dosen tersebut tetap nampak ceria dan antusias.

Mahasiswa Unikal yang menjadi koordinator program bersih-bersih Sungai Loji, menjelaskan bagaimana awalnya ia berinisiatif untuk mengadakan aksi tersebut. “Saat melakukan observasi, saya melihat kondisi Sungai Loji yang tercemar oleh sampah, Sebagian Warga pun juga mengeluhkan tentang permasalahan ini,” kata dia.

Berangkat dari hal itu, ia tergerak untuk membuat sebuah program yang bisa mendorong kesadaran pada masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan Sungai Loji. “Masalah kebersihan lingkungan menurut saya menjadi isu krusial. Saya ingin masyarakat bisa melihat bahwa sungai yang bersih itu membuat kita nyaman untuk tinggal di sekitarnya dan menikmati keindahannya,” ungkapnya.

”Menurut M. Sigit Taruna, S.E., M.Si. Bersih sungai ini adalah salah satu rangkaian kegiatan DIES NATALIS UNIVERSITAS PEKALONGAN ke 38 dan untuk membentuk pemuda yang peduli akan lingkungan bersih terutama di perairan (sungai), dan memberikan aksi nyata untuk mendukung program pemerintah meciptakan lingkungan asri, serta memberikan aksi inspiratif untuk masyarakat untuk lebih peduli lingkungan”

Peduli terhadap lingkungan haruslah menjadi bagian penting dalam pembinaan terhadap para generasi muda. Dengan dipupuknya rasa peduli bagi kaum muda tersebut akan menghasilkan para generasi muda yang memiliki kepekaan yang tinggi.” Imbuhnya.

Dimana pun kamu berada, tetaplah menjaga kebersihan untuk dirimu, lingkungan sekitarmu dan anak cucu di kehidupan masa depan kelak, Serta Kebersihan menjadi awal dari penilaian baik buruknya seseorang. Kepribadian yang baik akan menjaga kebersihan dirinya, lingkungannya dan sekitarnya. (AP)