EDUKASI BENCANA

Selasa (21/05) kemarin siswa @sdalirsyadpekalongan melakukan kunjungan edukasi bencana di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan. Kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan ketrampilan anak didik kita dibidang bencana agar selalu siap dalam menghadapi bencana dan mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat evakuasi terjadi. Tujuannya untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan langkah-langkah antisipatif atas potensi bencana yang setiap saat bisa saja terjadi dan memperkecil resiko bencana.

Pemberdayaan anak usia sejak dini atau siswa sekolah untuk memahami mitigasi bencana merupakan langkah awal membangun masyarakat sadar bencana.
Sehingga ketika terjadi bencana siswa, guru dan masyarakat tidak lagi kebingungan dan panik karena telah memahami bagaimana cara mengurangi risiko bencana. Dengan harapan pengetahuan yang didapat ditularkan pada lingkungan sekitar dalam rangka mengurangi risiko bencana.
Pada kunjungan tersebut, diberikan paparan mengenai mitigasi bencana, seperti banjir, simulasi gempa, pengenalan alat kebencanaan dan evakuasi kedaruratan, melatih mental dan keberanian dengan permainan edukatif juga bermain perahu & mobil kebakaran juga sesi tanya jawab dan quiz mengenai kejadian bencana yang terjadi di sekitar kita.

Bagi instansi sekolah, kampus, instansi lainnya, badan layanan publik, perhotelan, komunitas maupun kelompok masyarakat yang menginginkan pelatihan bersama guna antisipasi dan kesiapsiagaan bencana silahkan bersurat dan berkoordinasi lebih lanjut di Kantor BPBD Kota Pekalongan, Jl. Sriwijaya 5B Pekalongan Barat, pada jam kerja Senin-Jumat 07.30-16.00


#siapuntukselamat
#mengenalbencana
#edukasibencana
#tangguhbencana
#satuanpendidikanamanbencana
#edukasi