LEWAT MPLS SMP BPBD EDUKASI BENCANA TUMBUHKAN BUDAYA SADAR BENCANA

BPBD Kota Pekalongan pada Kamis - Jumat (25-26/07/24) hadir pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS) pada 2 SMP Negeri di Kota Pekalongan yakni SMP 17 dan SMP 8. Dalam kesempatan ini disampaikan materi tentang Pengenalan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB),  pengenalan ancaman bencana baik banjir, simulasi gempa dan kebakaran serta upaya mitigasinya. Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar dapat menumbuhkan budaya sadar bencana secara dini baik di lingkungan sekolah ataupun dilingkungan tempat tinggal.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa siswi serta guru SMP 17 dan SMP 8. Kedepan program SPAB agar mampu dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap sebagai edukasi guna meningkatkan kemampuan sumberdaya di satuan Pendidikan dalam menanggulangi dan mengurangi resiko bencana.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan sekolah dalam menghadapi bencana, melalui pelatihan, simulasi, dan perencanaan mitigasi bencana.
Melalui SPAB, sekolah tak hanya fokus pada aspek reaktif dalam penanggulangan bencana. Tapi juga mendorong budaya keselamatan yang terintegrasi dalam kegiatan seharihari. Hal ini penting mengingat kompleksitas ancaman bencana yang dapat mengancam keamanan dan kelangsungan pendidikan siswa. Namun, upaya ini perlu diperkuat dan diperluas ke semua satuan pendidikan di Kota Pekalongan secara mandiri dan berkelanjutan.

Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan perlu mengambil peran aktif dalam mengembangkan program SPAB yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing sekolah. Pemahaman akan prosedur evakuasi, titik kumpul, dan keterampilan pertolongan pertama harus diperkuat secara rutin melalui pelatihan dan simulasi. Maka pendidikan akan lebih terlindungi dan siap menghadapi tantangan dari ancaman bencana dengan tangkas, tanggap dan tangguh.
#spab #edukasibencana #siapuntukselamat #tangguh