PERKUAT MITIGASI KESIAPSIAGAAN BENCANA BPBD BERSAMA DINKOMINFO PASANG CCTV

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan pasang alat pantau dan monitor kebencanaaan Awasi dan Pantau (SiAP) dengan pemasangan CCTV pada sejumlah wilayah rawan bencana di Kota Pekalongan.

Langkah penanggulangan bencana ini didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika untuk penggunaan teknologi informasi dan jaringan serta instalasi dan SDM serta melibatkan Dinas dan stakeholder terkait.

Untuk memperkuat mitigasi dan kesiapsiagaan BPBD lakukan pantauan dan monitoring wilayah rawan bencana guna deteksi dini dan dapat lakukan langkah antisipatif untuk mengurangi resiko bencana. Teknologi harus dioptimalkan dalam penanggulangan bencana dengan cara memasang CCTV di daerah rawan seperti di sepanjang aliran Sungai Loji, Sungai Bremi yang kerap limpas saat air rob naik maupun curah hujan tinggi.Pemasangan CCTV selanjutnya yakni untuk memantau gelombang pasang di Pantai Sari dan di wilayahpermukiman di Jalan Kurinci Kecamatan Pekalongan Barat.